Sabtu, 25 Desember 2010

Layang-layang

Pengertian layang-layang

Layang-layang adalah salah satu bentuk dari bangun datar. Dimana layang-layang itu adalah bangun dua dimensi segi empat yang mempunyai dua pasang rusuk yang sama panjang, dan memiliki dua buah pasang sudut yang bukan siku-siku yang mana sudut yang sama besar saling berhadapan.

Definisi lain dari layang-layang adalah bangun dua dimensi yang dibentuk oleh dua segitiga sama kaki yang mempunyai panjang alas yang sama dan memiliki tinggi yang berbeda.

Rumus Layang-layang

Keliling Layang-layang

Keliling layang-layangadalah jumlah dari keempat rusuk layang-layang itu sendiri. Karena memiliki dua pasang rusuk yang sama, maka dapat disimpulkan bahwa keliling layang-layang adalah dua kali dari rusuk pendek ditambah dua kali dari rusuk panjang.

Dapat dirumuskan:

Keliling layang-layang = rusuk pendek + rusuk pendek + rusuk panjang + rusuk panjang
= 2 x rusuk pendek + 2 x rusuk panjang
= 2 x (rusuk pendek + rusuk panjang)

Luas Layang-layang

Seperti halnya belah ketupat, luas dari adalah hasil kali dari 1/2 x diagonal 1 x diagonal 2. Mengapa demikian? Karena apabila dijumlahkan luasnya akan sama dengan luas dua buah segitiga sama kaki yang mana luas dari segitiga sama kaki adalah 1/2 x alas x tinggi

Menurut dari gambar, dapat disimpulkan bahwa diagonal 1 = tinggi segitiga sama kaki 1 + tinggi segitiga sama kaki 2 dan diagonal 2 = alas.

Jika kita masukkan ke dalam persamaan:
Luas layang-layang=L segitiga sama kaki 1 + L segitiga sama kaki 2

=(1/2 x alas x tinggi 1)+(1/2 x alas x tinggi 2)

=1/2 x alas x (tinggi 1+ tinggi 2)

=1/2 x d2 x d1 //d2 = alas dan d1 = tinggi 1 + tinggi 2

=1/2 x d1 x d2

1 komentar:

  1. mantab perhitungan matematikanya oi... www.bit.ly/bisnishendramp

    BalasHapus