Kamis, 04 November 2010

Matematika Bangun Datar - Segitiga

Segitiga

Definisi segitiga
Segitiga, terkadang juga ditulis segi tiga. Segitiga adalah bangun yang terbentuk dari 3 buah sisi lurus dan tiga titik sudut. Jumlah sudut segitiga adalah 180 derajat.

Klasifikasi segitiga
Berbeda dengan bangun-bangun datar sebelumnya, segitiga mempunyai dua klasifikasi. Dari panjang sisinya, dan dari sudut terbesarnya.

Dari panjang sisinya:
  • Segitiga sama sisi : yaitu segitiga yang ketiga sisinya sama panjang. Segitiga sama sisi mempunyai besar sudut yang sama untuk setiap sudutnya, yaitu 180o : 3 = 60o
  • Segitiga sama kaki : yaitu segitiga yang kedua sisinya sama panjang. Segitiga sama kaki ini mempunyai dua sudut yang sama di bagian kakinya.
  • Segitiga sembarang : yaitu segitiga yang panjang semua sisinya berbeda. Besar semua sudutnya pun berbeda.
Dari sudut terbesarnya :
  • Segitiga siku-siku : Segitiga siku-siku adalah segitiga yang mempunyai sisi yang tegak lurus dengan salah satu sisi yang lainnya yang besar sudutnya adalah 90o. Sisi yang berhadapan dengan sudut yang tegak lurus disebut sisi miring atau hipotenusa.
  • Segitiga lancip : yaitu segitiga yang sudut-sudutnya kurang dari 90o.
  • Segitiga tumpul : yaitu segitiga yang salah satu sudutnya lebih dari 90o.

Keliling segitiga Keliling segitiga adalah jumlah sudut segitiga itu sendiri. Jika dirumuskan adalah seperti ini :

Keliling segitiga = sisi1 + sisi2 + sisi3

Luas segitiga
Luas segitiga sebenarnya adalah setengah dari luas persegi panjang. Jika kita buat sebuah persegi panjang yang kemudian kita tarik satu garis diagonal di dalam persegi panjang. Maka akan kita temukan dua buah segitiga yang saling menempel.

Karena itu Luas segitiga adalah setengah dari alas x tinggi. Dimana alas awalnya adalah panjang dan tinggi adalah lebar.


Jadi:

Luas segitiga = 1/2 x alas x tinggi





Untuk pembahasan lebih lanjut tentang segitiga ada di materi yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar